Pengertian RAM dan Fungsinya pada Komputer

Ketika kita sedang memilih-milih untuk membeli komputer atau laptop, pasti dalam spesifikasinya terdapat yang namanya RAM. Betul tidak? kalau tidak berarti penjualnya tidak transparan dalam memberikan keterangan spek komputer atau laptop yang kita beli.

Keberadaan RAM pada komputer sangat penting karena tugasnya yang tidak dapat digantikan oleh komponen lain pada komputer. Lalu apa sebenarnya komponen kecil ini? Apakah pengertian RAM? Bagaimana fungsi RAM dapat mempengaruhi kinerja komputer?

ram adalah

Bentuk RAM

Pengertian RAM

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory atau jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah memori akses acak. Komponen ini merupakan tempat penyimpanan sementara dalam komputer yang dapat diakses secara acak, tidak harus berurutan. Mengapa disebut acak? karena data dalam RAM dapat diakses dalam waktu yang cepat dan tidak harus urut, tidak peduli terhadap letak data tersebut dalam memori.

Baca juga : Perbedaan 32 bit dan 64 bit

Berbeda halnya dengan harddisk, flashdisk, atau CD/DVD, RAM hanya akan menyimpan memori ketika di supply daya dari motherboard, artinya jika komputer mati maka memori yang tersimpan dalam RAM juga akan ikut hilang. Tidak seperti dengan flashdisk yang akan tetap menyimpan data meskipun tidak dialiri dengan listrik.

Lalu apa fungsi RAM ?

Fungsi RAM pada komputer atau laptop adalah untuk menangani penyimpanan data secara sementara sebelum data tersebut benar-benar di simpan pada harddisk atau media penyimpanan lainnya.

Contoh sederhananya seperti ini, ketika kamu sedang mengetik pada aplikasi MS Word atau sejenisnya, maka data-data hasil ketikanmu itu masih tersimpan dalam RAM. Namun setelah file ketikanmu tersebut kamu simpan dan sudah berbentuk file .doc maka barulah data tersebut tersimpan pada harddisk dan ketika program MS Word-nya kamu tutup maka RAM juga akan melepaskan memori atau data yang tadi telah kamu tulis pada RAM.

Semakin besar memori RAM, maka kinerja komputer juga akan semakin cepat karena dapat menampung data dalam jumlah yang banyak. Selain itu, kapasitas RAM yang besar juga akan semakin memudahkan kita ketika buka beberapa program sekaligus pada komputer. Karena setiap program pasti akan memakan memori RAM.

Cara cek RAM

Untuk cara cek RAM pada komputer kamu, baik itu dari besaran kapasitas RAM, jenis RAM apakah DDR2 atau DDR3 maka dapat dicek menggunakan aplikasi ringan bernama CPUID. 

  1. Download aplikasinya di link berikut http://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html
  2. Setelah download selesai, jalankan palikasi tersebut tanpa perlu diinstal.
  3. Klik tab Memory sehingga tampilannya seperti berikut. Di situ sudah keliatan besar RAM dan jenis DDR RAM.

Suka dengan artikel ini? yuk bagikan pengetahuan pengertian RAM dan fungsinya ini ke teman-temanmu dengan cara klik tombol share di bawah! Salam OmPeb !

error: Content is protected !!