Ini Dia Cara Cek RAM Laptop Paling Detail

Sebagai pengguna komputer atau laptop, tidak ada salahnya sedikit mengetahui apa itu RAM, kegunaan RAM, dan tentu saja cara cek RAM yang kamu miliki. Sebenarnya juga terdapat beberapa alasan mengapa kamu harus tahu secara detail spesifikasi komputer yang kamu gunakan sekarang. Apalagi jika kamu membeli komputer atau laptop bekas, wajib waspada jika informasi yang diberikan oleh penjual berbeda dengan hardware yang terpasang.

Mengetahui RAM laptop sangat erat kaitannya dengan performa dalam menjalankan sebuah program. Semakin besar kapasitas RAM kinerja laptop akan semakin baik. Jadi jika kamu seorang gamer atau desain grafis, pasti akan membutuhkan RAM dengan kapasitas yang besar. Ya paling tidak minimal sebesar 8 GB.

cara cek ram laptop

Namun, jika penggunaan sehari-hari kamu hanya berkutat dengan ketik-mengetik menggunakan Microsoft Office Word yang berukuran tidak terlalu dan sesekali browsing serta membuka facebook, saya kira hanya dengan RAM 1 GB sudah cukup. Sekarang ini untuk laptop kelas menengah kapasitas RAM yang terpasang berkisar antara 2 GB hingga 4 GB, jadi untuk kebutuhan menjalankan program kelas menengah dapat terpenuhi dan dapat dijalankan dengan baik.

Jika kamu ingin mengetahui pengertian RAM dan fungsinya dapat membaca lebih lanjut artikel yang sudah kami tulis beberapa waktu yang lalu melalui link berikut http://www.ompeb.com/pengertian-ram-dan-fungsinya/.

Cara Cek Kapasitas RAM Laptop

1. Cek RAM Melalui Sticker Laptop

Cara pertama ini adalah cara yang paling simpel. Kamu cukup lihat stiker yang terpasang pada laptop kamu. Biasanya terdapat pada area palm rest atau sandaran tangan saat mengetik.

Pada stiker ini biasanya memuat spesifikasi laptop secara pintas dan tidak secara detail. Namun, tidak semua laptop terdapat stiker ini. Perlu dipahami bahwa stiker hanya sebuah “tempelan” saja, artinya kita juga harus cek aktual RAM yang terpasang melalui cara yang kedua berikut ini.

2. Cek RAM Melalui Settings

Kali ini kita akan cek RAM yang terbaca oleh sistem operasi Windows. Jadi bisa saja kita memasang RAM secara fisiknya adalah 8 GB, namun hanya dideteksi oleh sistem sebesar 4 GB atau kurang. Ini bisa terjadi jika memakai sistem operasi windows 32 bit, karena maksimal yang terbaca hanya 4 GB.

Baca juga : Perbedaan 32 bit dan 64 bit

Contoh berikut ini saya praktekkan memakai Windows 10.

  1. Pertama klik tombol Windows pada pojok kiri bawah
  2. Klik Settings cek ram melalui setting
  3. Klik System
  4. Klik About, lihat pada gambar yang saya kotak merah cara cek ram about

Untuk windows 7 caranya sedikit berbeda tapi tetap mudah. Caranya klik kanan pada My Computer lalu pilih Properties.

3. Cek RAM Melalui Dxdiag

  1. Tekan tombol Windows + R pada keyboard hinggan muncul jendela seperti ini 
  2. Ketikkan DXDIAG lalu Enter. Jika ada peringatan tekan OK saja.
  3. Lihat pada bagian yang saya kotak, itulah kapasitas RAM yang terbaca oleh komputer. cara cek ram melalui dxdiag

4. Cek RAM melalui CPUID

Cara berikut ini memerlukan aplikasi dari pihak luar. Aplikasi ringan ini tidak hanya menampilkan spesifikasi RAM secara detail seperti jenis DDR yang digunakan, frequency, latency, dan lain sebagainya, tetapi juga spesikasi komputer lainnya secara lengkap.

  1. Download aplikasinya melalui link berikut http://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html
  2. Install lalu buka aplikasinya, spesifikasi RAM terlihat pada tab Memory cara cek ram laptop melalui cpuid
error: Content is protected !!