Cara Screenshot di Laptop

Cara screenshot di laptop sebenarnya sama saja dengan ketika menggunakan komputer. Screenshot atau biasa juga disebut dengan screen capture adalah mengambil gambar pada layar laptop untuk kemudian ditampilkan dalam format gambar atau dimasukkan dalam dokumen word, powerpoint, hingga ebook berbentuk PDF. Yang paling sering mengambil screenshot adalah untuk tujuan tutorial karena dengan mengikuti panduan melalui gambar secara langsung pasti akan lebih paham dan mudah dimengerti.

Sebenarnya banyak sekali cara screen capture pada laptop yang bertebaran di internet. Namun saya hanya mengambil cara-cara yang paling praktis dan tentunya mudah untuk kamu praktekkan. Dalam tutorial nanti saya juga menggunakan program aplikasi dari pihak luar. Tenang saja, software-nya gratis kok. Pastinya kamu senangkan jika menggunakan aplikasi gratisan dan tidak perlu keluar uang kan? Yuk simak cara screenshot di laptop berikut ini.

Cara screenshot di laptop satu layar penuh

Ini adalah screenshot paling dasar. Kamu bisa menangkap semua layar pada komputer kamu lalu menjadikannya sebagai image. Ini contohnya ketika saya screen shot pada halaman homepage dari http://www.ompeb.com/.

cara screenshot di laptop
Lihat semua layar pada laptop terekam sempurna, baik dari tombol windows pada pojok kiri bawah hingga taskbar yang sedang aktif dimana saya sedang bekerja dengannya. Untuk dapat melakukan hal tersebut caranya adalah sebagai berikut (sebelumnya posisikan layar laptop yang aktif adalah layar yang ingin kamu ambil gambarnya) :

  1. Tekan tombol Prt Sc SysRq pada keyboard kamu. Atau kadang tombol keyboard tersebut hanya bertuliskan Prt Sc. Tombol ini biasanya terletak pada bagian kanan sebelah atas. Ini dia tombolnya jika kamu masih belum menemukannya. tombol printscreen pada laptop
  1. Buka aplikasi Paint dengan cara masuk ke Start Menu > All Programs > Accesories > Paint
  2. Setelah terbuka, klik kanan mouse lalu paste. Bisa juga dengan menekan Ctrl+V pada keyboard secara bersamaan.
  3. Simpan file paint tersebut dan kamu sudah mempunyai gambar screenshot laptop kamu.

 

Cara screenshot di laptop hanya sebagian layar

Sekarang kita akan melakukan tangkapan layar pada laptop namun tidak satu layar penuh, jadi hanya sebagian saja. Kita akan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Greenshot. Aplikasi ini gratis dan ringan untuk dijalankan. Sebenarnya ada fitur bawaan windows untuk capture layar sebagian yaitu dengan menggunakan Snipping Tool. Namun menurut saya, pakai snipping tool kurang efisien karena harus membuka aplikasi tersebut terlebih dahulu dan harus bolak-balik dari halaman aktif yang ingin diambil screenshot-nya lalu menuju aplikasi Snipping Tool. Berikut langkah-langkah cara screenshot laptop menggunakan Greenshot.

  1. Instal aplikasi Greenshot yang dapat didownload melalui link berikut ini http://getgreenshot.org/downloads/
  2. Setelah download selesai dan install, jalankan aplikasi tersebut. Tanda bahwa aplikasi tersebut sudah berjalan adalah ada tanda icon greenshot pada system tray bagian kanan bawah pada windows.
  3. Tekan tombol Prt Sc SysRq pada keyboard lalu akan muncul tampilan seperti ini. Area yang berwarna abu-abu adalah area yang ingin saya ambil screen-nya. cara screenshot sebagian layar
  4. Drag and drop pada area yang ingin kamu ambil screenshotnya.
  5. Simpan gambar hasil screenshot

 

error: Content is protected !!