Cara Screenshot Android

Screenshot atau screen capture adalah mengambil gambar pada apa yang sedang ditampilkan pada layar smartphone Android kamu. Untuk cara screenshot pada layar laptop beberapa waktu yang lalu sudah kami ulas, yang dapat dibaca dengan klik di sini.

Sebenarnya untuk apa sih kita mengambil gambar pada layar android kita? Tujuannya bisa berbeda-beda. Bisa jadi untuk mengambil screenshot percakapan WhatsApp atau BBM yang kemudian kita broadcast ke teman-teman. Atau bisa jadi kita mau menyebarkan kontroversi di media social seperti Facebook, contoh kasus seperti status facebook yang kontroversial lalu di-screenshot kemudian disebarkan ke orang lain yang kemudian menjadi viral.

cara screenshot android

Tentu saja semua hal tersebut berasal dari screenshot yang kemudian di broadcast. Kalau saya sendiri biasa menggunakan screenshot ini untuk “nyontek” base COC (Clash of Clans) lawan yang menurut saya keren kemudian saya terapkan di base saya, hhe.

Cara screenshot android bisa jadi berbeda-beda tergantung merk smartphone yang kamu miliki. Oleh karena itu cara screenshot pada smartphone Android merk Samsung bisa berbeda dengan merk Asus dan sebagainya. Oleh karena itu, yang akan saya jelaskan di sini adalah beberapa cara secara umum yang “work”. Jadi, sesuaikan dengan smartphone kamu sendiri ya.

Pertama, mengambil screenshot dengan kombinasi Home + Power

cara screenshot samsung

Cara pertama ini adalah dengan menekan tombol Home dan Power secara bersamaan selama kurang lebih 3 detik. Jika berhasil maka akan terdangar bunyi “cekrek” seperti ketika mengambil foto menggunakan kamera. Hasil screenshot dapat dilihat melalui galeri. Ada notifikasi juga ketika screenshot berhasil. Cara ini paling banyak digunakan pada merk Samsung.

Kedua, mengambil screenshot dengan kombinasi Power + Volume Down

cara screenshot asus

Cara kedua untuk mengambil screenshot adalah dengan menekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan selama sekitar 3 detik. Cara ini berhasil untuk smartphone yang saya miliki yaitu Xiaomi. Sebelum menggunakan Xiaomi, saya menggunakan hp Lenovo dan cara ini juga bekerja. Selain itu cara ini juga work untuk merk Asus, Evercoss, dan Smartfren.

Ketiga, mengambil screenshot dengan usap layar

Cara ini menggunakan fitur Palm Swipe untuk smartphone Samsung, untuk merk lain bisa jadi namanya berbeda. Untuk mengaktifkan Palm Swipe dapat dilakukan melalui

Setting > Motion > Hand Motion > check Palm Swipe to Capture

Cara screenshot Android dengan metode ini cukup keren tapi jika kurang terbiasa biasanya agak susah. Caranya adalah menuju layar yang akan diambil screenshotnya, usapkan tangan kanan kamu hingga menutup semua layar dan gerakkan dengan cepat. Ulangi jika kamu gagal hingga kamu mahir untuk menggunakannya.

Begitulah tadi beberapa cara untuk menangkap layar android kamu. Semoga bermanfaat ya.

error: Content is protected !!