Cara Mengunci Folder dengan Folder Lock

Folder dalam komputer yang berisi data-data penting harus kita amankan dari tangan-tangan jahil yang tidak bertanggung jawab sehingga kita harus tahu bagaimana cara mengunci folder. Entah file tersebut merupakan data proyek, data keuangan, file skripsi, hingga foto pribadi yang kita tidak ingin ada orang lain yang mengetahuinya atau bahkan menyebarluaskan data penting yang telah kita buat dengan susah payah. Oleh karena itu kita perlu mengamankan folder dengan memberi password agar akses menjadi terbatas dan hanya orang-orang tertentu saja yang bisa membukanya.

cara mengamankan folder

Untuk mengunci folder sebenarnya tidak lah sulit, apalagi sekarang banyak sekali software yang menyediakan layanan keamanan tersebut mulai dari yang gratis hingga berbayar. Nah, pada artikel kali ini kita akan mencoba cara memberi password pada folder menggunakan apikasi gratis yang bernama Folder Lock.

Aplikasi ini juga mengeluarkan versi berbayar dengan beberapa fitur tambahan. Namun menurut saya jika kegunaannya hanya untuk mengunci folder biasa saya rasa aplikasi versi gratisnya sudah cukup memadai.

Update :

Tutorial ini saya buat dengan Folder Lock versi 7.6.8

Langkah-langkah cara mengunci folder

  1. Download aplikasi Folder Lock melalui link berikut ini http://www.newsoftwares.net/download/folderlock7-en/folder-lock-en.exe
  2. Buka filenya lalu install. Jika Anda masih awam terhadap cara install software di windows caranya tinggal double klik saja pada file hasil download tadi. Jika muncul konfirmasi selanjutnya maka klik OK saja atau Next terus hingga instal selesai.
  3. Buka aplikasi yang telah terinstal melalui desktop Anda. Shortcut aplikasinya sudah terbentuk secara otomatis ketika kita install.
  4. Tampilan awal software Folder Lock adalah seperti gambar di bawah ini 
  5. Ketikkan password yang ingin digunakan pada folder Anda pada kotak yang saya tandai dengan warna merah. Usahakan gunakan kombinasi huruf dan angka agar password Anda kuat dan tidak mudah dibobol. Sandi yang kuat ditandai dengan indikator password strength yang ada di bawahnya.
  6. Klik OK, lalu ketik password sekali lagi untuk mengkonfirmasi kemudian klik OK.
  7. Untuk menambahkan folder yang ingin dikunci, klik Add lalu Add Folders seperti gambar di bawah. Namun kamu juga bisa memberi password untuk file atau bahkan Drive melalui software ini. 
  8. Pilih folder yang ingin Anda kunci lalu tekan OK. Folder yang berhasil Anda kunci akan muncul dalam aplikasi Folder Lock dan Anda hanya dapat membuka folder yang telah terkunci melalui aplikasi Folder Lock. Folder yang telah dikunci tidak akan muncul dalam Windows Explorer. 

Sebenarnya Folder Lock ini tidak hanya bisa untuk mengunci folder, tetapi masih banyak lagi fitur lainnya seperti meng-enkripsi file, backup file secara online, mem-proteksi USB, management password, dan lain sebagainya.

Demikian tadi cara mengunci folder dengan software gratis Folder Lock. Semoga artikelnya bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Jangan ragu untuk berbagi artikel ini ke teman-temanmu ya.

error: Content is protected !!