Cara Menghemat Baterai Laptop

Hampir setiap pengguna laptop saat ini pasti mengeluhkan tentang daya tahan baterai laptop yang cukup singkat. Meskipun saat ini sudah ada yang menawarkan laptop yang katanya dapat tahan hingga lebih dari 15 jam, namun semakin lama umur laptop maka akan semakin turun pula daya tahan baterai dalam menyimpan tenaganya sehingga tidak sampai jam maksimal yang dipromosikan oleh pabrikan.

Oleh karena itu kita perlu tahu cara menghemat baterai laptop dengan benar. Berikut ini adalah beberapa cara supaya baterai laptop kamu menjadi lebih hemat. Let’s cekidot.

cara menghemat baterai laptop

1. Aktifkan fitur Power Mode

Sebenarnya Windows sudah menyediakan fitur untuk menghemat baterai yaitu dengan mengaktikan Power Saver pada Control Panel. Dengan mengaktifkan fitur ini maka baterai akan lebih hemat, namun cara ini harus mengorbankan performa sehingga laptop menjadi lebih lambat dari biasanya. Meskipun tidak terlalu parah penurunan performanya. Fitur ini dapat ditemukan melalui langkah berikut :

  1. Klik Start > Control Panel
  2. Pilih Power Options (pastikan tampilan Control Panel view by small icons, bukan category)
  3. Pilih Power Saver

cara setting power option

Cara di atas saya lakukan di Windows 10. Untuk windows 7 atau windows 8 hampir sama, silakan di eksplorasi.

2. Jangan colok smartphone ke laptop

Sekarang ini hampir semua handphone dan smartphone sudah disertakan kabel charger yang fungsinya bisa jadi kabel data. Oleh karena itu jika kamu lupa untuk mencabut smartphone dari laptop, otomatis daya pada baterai laptop akan terkuras karena digunakan juga untuk nge-charge handphone kamu.

3. Pastikan ventilasi laptop tidak tersumbat

Setiap laptop pasti punya lubang ventilasi sebagai sirkulasi pada “mesin” laptop agar suhunya tetap terjaga. Jika ventilasi tertutup, otomatis kipas akan bekerja lebih keras sehingga memakan daya baterai.

Ventilasi tiap laptop berbeda-beda letaknya, ada yang di bawah ada juga yang di samping kiri atau samping kanan. Jadi kenali laptopmu dmana letak ventilasi tersebut. Untuk menjaga supaya ventilasi tidak terhambat, jangan nyalakan laptop di kasur atau sofa yang empuk.

4. Jangan jalankan program berat

Sebisa mungkin jangan jalankan program-program berat yang makan RAM terlalu banyak. Atau kalau terpaksa memang harus membuka program tersebut, jangan jalankan sekaligus tapi secara bergantian.

Matikan juga program-program yang berjalan di background jika tidak digunakan. Biasanya kita sering lupa atau tidak “ngeh” pada program yang jalan secara diam-diam pada laptop kita.

5. Matikan WiFi atau Bluetooth

Matikan koneksi internet jika tidak dibutuhkan. Apalagi jika sumber sinyal terlalu jauh maka adaptor WiFi akan bekerja ekstra untuk mencari sinyal. Begitu juga dengan Bluetooth, cek apakah nyala terus tetapi tidak digunakan.

6. Kurangi kecerahan layar

Tingkat kecerahan juga dapat mempengaruhi keawetan baterai. Pastikan kecerahan pada level yang optimal, jangan sampai terlalu cerah. Jika baterai sudah mau menipis, kurangi kecerahannya. Meskipun satu atau dua level itu cukup untuk menambah awet baterai kamu.

 

error: Content is protected !!