Cara Menghemat Baterai Android

Saat ini sistem operasi Android telah merajai sebagian besar smartphone yang beredar karena kemudahan dan ragam aplikasinya yang banyak. Ditambah dengan semakin banyaknya developer Android yang tentunya akan semakin menambah variasi aplikasi Android yang ada di Play Store. Namun, dibalik kemudahannya tersebut ternyata hampir sebagian besar pengguna merasakan dan mengeluhkan bahwa smartphone mereka baterainya boros.
Apalagi jika baru saja beralih dari handphone yang notabene bukan smartphone dimana baterai bisa tahan 2-3 hari, namun ketika pakai Android baterai hanya bertahan setengah hari dan paling bagus cuma satu hari. Tentu saja perbedaan yang sangat mencolok tersebut akan sangat mengganggu.

cara menghemat baterai android

Oleh karena itu, dalam artikel kali ini Om Peb akan mengulas beberapa cara menghemat baterai android dengan cara mengoptimalkan beberapa pengaturan. Let’s cekidot.

Matikan koneksi Data atau Wifi ketika tidak digunakan

Cara pertama ini adalah cara yang paling ampuh menurut pengalaman saya. Jangan biarkan smartphone kamu konek ke internet terus menerus meskipun handphone sedang tidak digunakan. Apalagi jika handphone disimpan dalam saku celana dan terasa agak hangat karena sedang mencari sinyal internet. Jangan biarkan itu terjadi.


Dengan mematikan fitur Data atau Wifi ini, baterai Android kamu akan jadi lebih hemat. Namun kelemahannya adalah kamu tidak bisa menerima BBM, WhatsApp, notif facebook, dan aplikasi lain yang membutuhkan koneksi internet hingga kamu menghidupkan koneksi kembali.

Jika kamu malas sering mengaktifkan dan menonaktifkan koneksi, kamu bisa pakai aplikasi penghemat baterai seperti GO Battery Saver. Dalam aplikasi tersebut ada pengaturan matikan Data dan Wifi secara otomatis ketika layar smatphone mati dan menghidupkan koneksi kembali ketika layar menyala.

Matikan Bluetooth dan GPS ketika tidak digunakan

Poin nomor 2 ini sebenarnya hampir sama dengan poin pertama. Namun disini saya tekankan lagi bahwa mematikan bluetooth dan GPS ketika tidak digunakan akan menghemat baterai Android. Biasanya saya juga kadang lupa untuk mematikan kedua fitur tersebut, ketika telah selesai transfer file lewat Android atau menggunakan fasilitas map menggunakan GPS.

Kurangi kecerahan layar

Layar yang cerah memang memanjakan mata dan membuat galeri foto kamu menjadi semakin bagus. namun hal ini akan membuat baterai menjadi lebih boros. Set kecerahan layar kamu seminimal mungkin namun kamu masih nyaman untuk melihatnya.

Tentu saja jangan dibuat kecerahan layar ke pengaturan terendah karena pasti tidak akan nyaman dan tidak mudah untuk dilihat. Beberapa smartphone terkini sudah ada pengaturan kecerahan layar secara otomatis mengikuti kecerahan area sekitar kita.

Matikan update aplikasi secara otomatis

Jangan biarkan aplikasi yang kamu miliki meng-update secara otomatis. Update aplikasi jika dan hanya jika kamu menginginkannya dan baca dulu review dari pengguna lain terhadap update terbaru tersebut. Update terbaru dari aplikasi tidak menjamin aplikasi tersebut menjadi lebih baik.

Poin penting dalam menonaktifkan update aplikasi otomatis ini adalah supaya smartphone kita tidak mendownload dan menggunakan koneksi data secara berlebihan saat update. Koneksi yang terus-menerus sambil download dapat segera menguras baterai.

Itulah tadi beberapa cara menghemat baterai android kamu secara mudah. Segera praktekkan setelah membaca artikel ini lalu rasakan perbedaannya.

error: Content is protected !!