Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word

Membuat daftar isi pada dokumen yang mempunyai halaman yang sangat banyak ternyata sangat melelahkan, apalagi jika dikerjakan secara manual dengan membuat judul lalu diikuti dengan titik-titik yang manual pula. Sangat melelahkan dan membosankan bukan? Sialnya saya juga pernah mengalaminya ketika waktu itu mengerjakan skripsi, tetapi alhamdulillah saya diberi petunjuk untuk dapat membuat daftar isi yang otomatis sehingga saat terjadi perubahan halaman pada judul atau sub judul dapat mengikutinya tanpa harus update manual lagi per halaman.

Halaman daftar isi merupakan elemen yang sangat penting dalam penyusunan skripsi, tesis, buku, makalah, dan dokumen-dokumen sejenis. Dengan adanya daftar isi kita dapat dengan mudah mencari topik yang kita mau baca tanpa harus buka halaman satu per satu, lembar demi lembar.

Mengingat pentingnya halaman daftar isi, sayangnya banyak sekali dari teman-teman kita yang belum mengetahui cara membuat daftar isi otomatis. Kebanyakan dari kita mungkin bahkan tidak tahu jika Microsoft Word sudah menyediakan fitur untuk membuatnya. Pada tutorial kali ini saya menggunakan Microsoft Office 2007, maaf ya jika agak jadul, hehe. Tetapi saya yakin untuk Ms Word versi 2010, 2013, dan yang paling baru pun tidak jauh berbeda. Konsepnya sama.

Langkah-langkah cara mudah membuat daftar isi otomatis di Ms Office 2007

Secara garis besar, kita hanya membutuhkan 2 langkah untuk membuat daftar isi otomatis. Yang pertama, menentukan judul dan sub judul yang kita ingin masukkan dalam daftar isi. Yang kedua, mengatur supaya Ms Word membuat daftar isi sesuai dengan judul dan sub judul tadi.

Menentukan judul dan sub judul

Pertama, Anda harus menentukan bagian dari tulisan Anda yang termasuk judul dan sub judul. Jika mempunyai sub sub judul pun tidak masalah. Yang penting Anda sudah tahu mana saja yang akan dimasukkan dalam daftar isi. Aplikasikan masing-masing sebagai berikut :

  • Judul sebagai Heading 1
  • Sub judul sebagai Heading 2
  • Sub sub judul sebagai Heading 3

Lalu bagaimana caranya ? Blok teks yang anda inginkan lalu aplikasikan style seperti di bawah ini untuk judul

daftar isi judul

Aplikasikan Heading 2 untuk sub judul

DAFTAR ISI SUB JUDUL

Aplikasikan Heading 3 untuk sub sub judul

daftar isi sub sub judul

Jika kamu tidak suka dengan jenis font, warna teks, dan formatting lainnya pada masing-masing heading yang merupakan bawaan dari Ms Office, jangan langsung ubah pada teksnya. Tetapi caranya adalah dengan memodifikasi style pada masing-masing heading. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Klik tombol panah kecil pada sebelah kanan bawah pada tab Styles. Bisa juga dengan cara tekan Ctrl+Shift+Alt+S pada keyboard
  2. Klik panah kecil pada bagian kanan sesuai dengan heading yang dimaksud lalu klik Modify daftar isi modify styles
  3. Silakan ganti jenis font, ukuran, warna, dan lainnya sesuai keinginan.

Membuat Table of Contents

Saatnya kita membuat halaman daftar isi yang otomatis akan terbentuk berdasarkan judul dan sub judul yang sudah kita buat tadi. Jadi prinsipnya Ms Office akan collect apa saja yang akan ditampilkan dalam daftar isi berdasarkan aplikasi style Heading 1, Heading 2, dan Heading 3.

Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Klik Insert > Blank Page untuk menambahkan halaman baru yang kosong dimana kita akan meletakkan daftar isi
  2. Selanjutnya klik tab References
  3. Pilih Table of Contents membuat tale of contents
  4. Pilih Automatic Table 1 atau Automatic Table 2, jangan pilih yang Manual table karena nanti kamu harus input secara manual

Berikut ini adalah hasilnya

hasil dari table of contentsLihat halaman daftar isi sudah terbentuk dengan sendirinya. Sangat mudah bukan ? Jika kamu melakukan perubahan pada tulisan kamu yang mengakibatkan susunan halaman menjadi berubah, kamu harus melakukan update pada Table of Contents tadi dengan cara klik Update Table pada bagian atas area table of contents.

Semoga artikel dari www.ompeb.com tentang cara membuat daftar isi otomatis ini bermanfaat ya, jangan ragu untuk bertanya jika masih bingung.

error: Content is protected !!