Cara Cek Tagihan Listrik Tanpa Repot

Cara cek tagihan listrik sekarang sudah bisa dilakukan dengan sangat mudah, baik secara online maupun melalui SMS. Saat ini listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat modern. Tentunya pelayanan dari PLN sebagai perusahaan negara yang mengurusi masalah kelistrikan akan selalu meningkatkan kualitas pelayanan dengan memberikan fasilitas untuk mengecek tagihan rekening listrik menjadi semakin lebih mudah dan dapat dimengerti oleh semua kalangan. PLN memang terus berbenah untuk memudahkan para pelanggan listrik di negeri ini.

Jadi dengan menggunakan tips berikut ini yang akan kami jelaskan nanti, kamu bisa menyiapkan uang terlebih dahulu jika harus membayar ke kantor PLN atau agen-agen pembayaran listrik di sekitar tempat tinggal kamu. Kelebihannya kamu bisa menyiapkan uang pas untuk bayar listrik, tahu sendiri kan jika bayar di agen kadang-kadang sulit untuk mencari uang kembalian. Apalagi jika harus mengantri membayar di PLN jadi bisa lebih cepat karena tidak perlu menunggu uang kembalian.

Tapi jika kamu membayar lewat ATM atau internet banking, tentu saja juga ada manfaatnya karena kamu terlebih dahulu mengecek tagihannya jadi kesalahan dapat diminimalisir. Yang pasti cek tagihan listrik kamu sebelum membayarnya ya. Berikut ini adalah cara untuk mengetahui tagihan listrik kamu.
cek tagihan listrik

Cek tagihan listrik secara online

Untuk dapat mengetahui tagihan rekening listrik kamu melalui internet ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Buka alamat web resmi PLN melalui link berikut ini http://www.pln.co.id/info-rekening/tagihan.php
  2. Masukkan ID Pelanggan yang kamu miliki pada kotak isian yang tersedia
  3. Klik tombol CEK.
  4. Kamu juga bisa cek berdasarkan bulan dan tahun. Masukkan bulan dan tahun yang kamu ingin tampilkan tagihannya
  5. Klik tombol CARI. Tunggu beberapa saat hingga muncul jumlah besaran tagihan listrik kamu.

 

Cek tagihan listrik melalui SMS

Cara lain yang tak kalah mudahnya adalah dengan mengecek melalui SMS. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Ketik SMS dengan format “REK<spasi>ID Pelanggan”  (tanpa tanda petik) lalu kirim ke 8123 untuk mengetahui tagihan listrik saat ini
  • Jika ingin berlanggan setiap bulannya, artinya kamu akan dapat pemberitahuan tagihan listrik setiap bulan cukup SMS dengan format “PLN<spasi> ON <spasi> ID Pelanggan (tanpa tanda petik) lalu kirim ke 8123.

ID Pelanggan pada format di atas di ganti dengan ID yang kamu miliki. Setiap SMS dikenai biaya sebesar Rp.500.

Kalau berdasarkan pengalaman saya, lebih enak dan nyaman jika cek tagihan listrik melalui internet alias online ke web resmi langsung. Biayanya gratis dan mudah dibandingkan dengan SMS.

Semoga informasi singkat di atas berguna bagi pembaca sekalian. Terima kasih telah mampir di blog sederhana milik Om Peb.

 

error: Content is protected !!