4 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Sebagai pekerja, kita seharusnya sudah otomatis diikutkan dalam BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS kesehatan sesuai dengan UU Ketenagakerjaan untuk melindungi pekerja dari berbagai macam resiko seperti kesehatan, kecelakaan kerja, jaminan hari tua, jaminan pensiun, dan segala manfaat yang ada pada BPJS.

Bagi yang belum tahu, BPJS Ketenagakerjaan dulunya bernama Jamsostek. Penamaan tersebut mulai berubah sejak tanggal 1 Juli 2014 sesuai dengan Undang-Undang no. 24 tahun 2011 tentang BPJS. Sisa saldo jamsostek otomatis akan menjadi sisa saldo BPJS Ketenagakerjaan, jadi jangan khawatir saldo Anda akan hilang.

Saya sebagai pekerja dari perusahaan swasta sudah diikutkan dalam BPJS, dimana iuran 5% dari upah per bulan terbagi menjadi 4% dibayarkan oleh perusahaan dan 1% ditanggung oleh pekerja. Di tempat saya bekerja, kita akan diberi laporan saldo BPJS ketenagakerjaan setiap setahun sekali yang memuat rincian per bulan.

Namun, sebenarnya kita juga bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara mandiri, tanpa harus menunggu lembaran dari perusahaan yang diberikan setahun sekali. Saat ini sudah banyak fasilitas yang disediakan untuk memudahkan kita sebagai masyarakat yang menggunakan layanan BPJS.

Beberapa cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan

1. Cek saldo melalui website

Cara yang pertama ini Anda harus punya koneksi internet. Saya sarankan untuk membuka lewat laptop atau komputer, karena kalau melalui smartphone kurang enak tampilannya menurut saya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Buka alamat website BPJS berikut https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/login.bpjs
  2. Masukkan Email dan PIN untuk login. Jika belum punya PIN, daftar dulu dengan cara klik Registrasi cara login bpjs
  3. Ada beberapa menu yang bisa diilih seperti Cek Saldo JHT, rincian JHT Tahunan, Simulasi JHT, dan e-Klaim JHT. Kita bisa melihat saldo dengan klik Cek Saldo JHT lalu pada pilihan nomor KPJ, klik Submit. cek saldo bpjs
  4. Lihat pada halaman paling bawah, pada bagian SALDO AKHIR

Cek saldo melalui aplikasi BPJSTK Mobile

Sekarang adalah jamannya smartphone, jadi Anda bisa cek saldo BPJS ketenagakerjaan melalui aplikasi smartphone yang kamu miliki. Apps ini sudah mendukung untuk sistem operasi android dan iPhone. Cara yang akan bagikan ini untuk yang pakai android karena saya adalah pengguna android dan cara ini sudah saya praktekkan.

  1. Download aplikasinya dengan megikuti link berikut https://play.google.com/store/apps/details?id=com.mitracomm.jamsostek
  2. Install lalu open aplikasinya
  3. Anda diminta untuk login terlebih dahulu. Jika sebelumnya belum pernah daftar maka registrasi terlebih dahulu. Anda juga bisa menggunakan data login pada website (cara pertama).
  4. Klik Cek Saldo JHT atau rincian JHT. Anda diminta untuk memasukkan PIN sekali lagi. cek saldo bpjs pakai aplikasi
  5. Informasi sisa saldo BPJS Anda sudah terlihat

Cek saldo secara manual

Cek saldo secara manual ini maksudnya adalah dengan mendatangi kantor BPJS secara langsung. Cara ini sangat berguna untuk bapak / ibu yang kurang paham dengan perkembangan teknologi saat ini (gaptek).

Siapkan kartu BPJS Anda karena akan ditanya nomor kepesertaan oleh petugas. Untuk cara ini saya belum pernah melakukannya jadi yang pasti siapkan dokumen penting seperti KTP dan kartu BPJS yang Anda miliki.

Cek Saldo melalui ATM BNI

Bagi Anda nasabah bank BNI, cara ini bisa jadi juga tak kalah mudahnya. BNI telah bekerja sama dengan pihat terkait untuk memberikan informasi saldo secara real time. Anda hanya tinggal ke ATM BNI terdekat lalu sudah dapat mengetahui saldo yang Anda miliki.

 

error: Content is protected !!