Cara Cek IMEI HP dengan Mudah

Bagaimana cara cek IMEI pada handphone kamu? Mengetahui IMEI pada handphone sangat penting sekali karena kita bisa terhindar dari hape palsu atau hape blackmarket. Sangat sering kan kita temui teman atau saudara pengen hape keluaran terbaru dengan harga murah dari blackmarket tapi ternyata palsu.

Hal tersebut pernah terjadi pada teman kost saya dulu di Jogja sekitar tahun 2008. Waktu itu adalah awal-awal kemunculan handphone Nokia layar lebar tanpa keypad fisik, artinya semuanya touchscreen. Tidak seperti saat ini yang semua hp keluaran terbaru sudah touchscreen dan layar terbaru. Dia beli “katanya” barang BM dengan harga yang sangat jauh dari harga normalnya. Bissa selisih sekiar 3 juta waktu itu. Namun ternyata sangat mengecewakan karena handphoe yang dibeli kualitasnya sangat jelek, warna pada layar buram, kualitas foto seperti VGA, dan layar sentuh yang sangat tidak responsif. Ketahuan deh kalau kena tipu.

Nah, supaya kejadian seperti itu tidak terulang lagi, saya ingin berbagi cara mengetahui hp palsu atau asli dengan cara mengetahui nomor IMEI. Nomor IMEI sendiri adalah nomor identifikasi yang sudah di-standard-kan oleh dunia internasional yang mengatur peredaran handphone di seluruh dunia melalui sebuah nomor identifikasi yang unik, artinya tidak akan ada IMEI ganda atau tidak ada duplikat. Jika terjadi duplikat bisa dipastikan salah satunya adalah IMEI palsu.

Saat membeli hape baru pastikan IMEI yang tertera pada dus sama dengan IMEI yang ada pada handphone. Itu adalah salah satu cara untuk memastikan produk yang kamu beli adalah asli.

Nah, yang jadi masalah adalah kita tidak tahu cara cek IMEI yang ada pada handphone. Oleh karena, akan kami ulas beberapa cara untuk mengecek nomor IMEI.

Cek IMEI melalui dial

Cara ini cukup mudah dan dapat kamu lakukan seketika saat akan membeli hp baru. Cukup tekan *#06# seperti saat menelepon. Nomor IMEI akan segera muncul. Cocokkan dengan nomor IMEI pada dus.

Cek IMEI pada body belakang

IMEI juga bisa dilihat pada body belakang, tepatnya di bawah baterai. Namun, tidak semua handphone bisa melakukan cara ini. Apalagi dengan adanya smartphone saat ini yang baterainya sudah di dalam dan tidak bisa di copot. Berikut ini adalah contohnya. 

Cek IMEI pada Pengaturan

Pada menu Pengaturan pada hape kamu juga biasanya terdapat informasi IMEI. Masuk saja ke Setting – About atau yang sejenisnya lalu cari menu yang ada kata IMEI-nya. Beda merk beda juga menu nya jadi tidak saya tulis di sini.

 

Cek IMEI secara online

Setelah kamu mengetahui IMEI kamu, kamu juga bisa mengecek secara online informasi apa saja yang terdapat pada nomor IMEI. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Buka alamat website berikut http://www.imei.info/
  2. Masukkan nomor IMEI kamu pada kotak isian
  3. Verifikasi spam dengan tick I’m not robot
  4. Klik tombol Check

Akan muncul informasi mengenai merk handphone, release date, dan sebagainya. Pastikan sekali lagi bahwa informasi yang tertera cocok dengan handphone kamu. Jika cocok, maka bisa dipastikan bahwa hape kamu asli 100%.

error: Content is protected !!