Cara Backup Kontak BBM Paling Mudah

Blackberry Messenger atau biasa disingkat dengan BBM memang seolah-olah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari smartphone kita. Mungkin hampir semua handphone pintar jaman sekarang sudah terinstal BBM. Cuma mungkin ya, soalnya saya juga belum pernah ngitung, hhe. Tidak seperti 3 tahun yang lalu dimana yang dapat menikmati aplikasi ini hanya yang punya handphone Blackberry.

Saat ini, aplikasi chatting yang dikembangkan oleh RIM ini bisa digunakan secara multi platform, baik itu Android, iPhone, dan tentunya Blackberry itu sendiri. Oleh karena itu, pengguna BBM di seluruh dunia sangat meningkat drastis. Jumlah download di Play Store mencapai 500 juta, tetapi pengguna aktif hanya sekitar 100 juta orang. Tetap saja itu adalah jumlah yang sangat banyak.

cara backup kontak bbm

Kendala atau kekhawatiran yang dihadapi oleh pengguna aplikasi yang dikembangkan oleh RIM ini adalah bagaimana cara backup kontak di BBM. Terutama bagi mereka yang sedang ingin ganti hape, atau malah barusan beli hape baru.

Sebenarnya kontak BBM bisa kita input lagi secara manual satu per satu, tapi tentu saja tidak efisien dan makan banyak waktu. Dan tentu juga bikin jari keriting alias capek. Berikut ini akan kita bahas bagaimana cara backup kontak pada BBM yang akan saya bagi dalam 2 kategori, tergantung dari versi BBM yang digunakan.

Cara Backup Kontak BBM versi 5

  1. Buka aplikasi BBM
  2. Tekan Menu lalu Options
  3. Pada sesi Contact List, tekan Backup
  4. Tekan Back Up Files Locally
  5. Pada pilihan Save Backup Files to, tekan Device atau Media Card
  6. Klik Backup Now

Cara Backup Kontak BBM versi 6

  1. Buka aplikasi BBM
  2. Tekan Menu lalu Options
  3. Pada Backup Management, klik Backup
  4. Klik Backup Files Locally lalu Backup Now

Cara Backup Kontak BBM versi 7

Pada BBM versi ini kita tidak perlu backup kontak secara manual, karena data kontak sudah tersimpan melalui BlackBerry ID yang kamu miliki. Jadi data kontak akan tersinkronisasi secara otomatis dalam jangka waktu tertentu. Jadi kita tidak perlu backup lagi secara manual seperti saat BBM masih versi 6 ke bawah.

Jadi yang perlu ditekankan di sini adalah kamu harus ingat BlackBerry ID kamu dan tentu saja password-nya. Jika lupa password BBM bisa mengikuti cara yang sudah saya tulis pada artikel sebelumnya.

Baca juga : http://www.ompeb.com/lupa-kata-sandi-bbm/

Sekian tutorial pada blog Ompeb kali ini. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa bagikan artikel ini ke teman-temanmu.

error: Content is protected !!